Manfaat Gaming – PC dan Video Game

 

PC dan video game baru tidak hanya mampu memberikan kesenangan dan keseruan bagi semua orang, tetapi juga dapat memberikan manfaat dan keuntungan tertentu.

Dengan bantuan teknologi canggih dan popularitas, industri game telah maju dan berkembang pesat selama bertahun-tahun.

Jika kita mencari kategorisasi video game, mereka secara luas dibagi menjadi delapan kategori utama:

Tindakan

Ini serba cepat dan mungkin mengandung sejumlah besar kekerasan karena ini. Game aksi biasanya tidak pantas untuk anak-anak. Game semacam itu termasuk dalam kategori “M” (berperingkat dewasa). Contohnya adalah Halo, Star Wars, Jedi Knight dan Enter the Matrix.

Petualangan dan Bermain Peran

Ini biasanya tidak segrafis game aksi dan dapat membawa pemain ke surealisme dan fantasi. Meskipun game petualangan dan role-playing sering kali mengandung kekerasan, namun kekerasannya tidak sekuat kekerasan dalam game aksi. Contoh kategori ini adalah Borderlands 2, Final Fantasy, Legend of Mana dan Billy Hatcher.

Penembak Orang Pertama

Sesuai dengan namanya, ini adalah permainan di mana pemain melihat aksi melalui mata karakter yang diwakilinya dan melibatkan penggunaan pistol atau senapan untuk membunuh musuh. Karena kekerasan yang terlibat dalam genre permainan ini, mereka tidak cocok untuk anak kecil. Contoh game tersebut adalah “Half-Life, “Half-Life 2”, “Call of Duty: Modern Warfare” dan sebagainya.

Simulasi Konstruksi dan Manajemen (CMS)

Seperti namanya, dalam permainan yang happy mod termasuk dalam genre ini, para pemain diharapkan untuk membangun, memperluas, dan mengelola proyek dan komunitas imajiner dengan sumber daya yang sangat sedikit. Contoh genre ini termasuk, “SimCity” dan “Harvest Moon”.

Strategi

Di sini penekanannya adalah pada strategi daripada pada kekerasan dan permainan ini lebih lambat yang memberi pemain waktu untuk berpikir strategis, manajemen sumber daya, dan perencanaan untuk mencapai kemenangan. Sebagian besar berbasis perang dan kekerasan tidak sepenuhnya absen. Permainan ini tidak cocok untuk anak-anak. Beberapa contohnya adalah Advanced Wars I & II, Civilization V dan Crusader Kings II.

Simulasi

Ini adalah video atau permainan komputer yang mensimulasikan situasi dunia nyata di bawah pengaturan permainan. Dalam kategori ini, tiga game terkenal adalah Simulator Balap, Simulator Penerbangan, dan Sims. Ada banyak permainan di kelas ini untuk menghibur anak-anak. Beberapa contoh game simulasi adalah: Football Manager, Farming Simulator 2013, The Sims dan Evil Genius.

platformer

Platform Game atau Platformer terdiri dari melompat antara platform ditangguhkan dari berbagai ketinggian atau rintangan dan kadang-kadang keduanya untuk bergerak maju dalam permainan. Beberapa contoh Platformer adalah 40 Winks, Abuse, Action 52 dan Adventure Island.

PUZZLE

Video game teka-teki adalah kelas permainan yang membutuhkan pemecahan teka-teki. Jenis teka-teki yang perlu dipecahkan dapat melibatkan banyak keterampilan pemecahan masalah seperti menggunakan logika, penyelesaian urutan penyelesaian kata, strategi dan pengenalan pola. Beberapa contoh Video Game Puzzle adalah Mario, Bejeweled 3, Cradle of Rome 2 dan Hidden Objects.

Sementara pada subjek, jangan lupa game Olahraga seperti NHL 13, dan FIFA Soccer 13 dan game Arcade seperti Chicken Shoot 1, Toy Story Mania dan Angry Birds untuk beberapa nama.

Saat ini, video game dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat kita, dari balita hingga kakek-nenek dan ini telah diterima oleh semua orang sebagai cara hiburan yang baik dan terlihat lebih baik daripada menonton TV karena memerlukan partisipasi dan interaksi pemirsa.

Perasaan umum adalah bahwa video game tidak memberikan manfaat apa pun bagi pemain dan terutama dalam kasus anak-anak.

Berlawanan dengan kepercayaan ini, ada banyak manfaat dengan membiarkan anak-anak memainkan jenis permainan tertentu. Yang terpenting dari manfaat ini adalah pengembangan:

· Keterampilan berpikir kognitif

· Keterampilan motorik halus

· Kemampuan pengambilan keputusan waktu nyata

· Koordinasi tangan-mata

· Keterampilan bermain kooperatif

Jauhkan video game dari jangkauan anak-anak hanya dapat menghilangkan manfaat ini bagi mereka.

Imajinasi anak dapat dirangsang melalui role-playing dan game petualangan. Meskipun beberapa dari permainan ini tampak hambar karena sifat grafis dan kekerasannya, mereka dapat memainkan peran positif dan penting dalam perkembangan anak dengan mempromosikan kerja tim, membangun kepercayaan diri, dan meningkatkan keterampilan motorik. Memainkan video game semacam itu hanya akan memberi anak sarana ekspresi yang sehat.

Video game tertentu diyakini dapat mengajarkan keterampilan berpikir tingkat tinggi kepada anak-anak yang akan bermanfaat bagi mereka di masa depan.

Sekarang setelah kita melihat manfaatnya bagi anak-anak, mari kita lihat apa manfaat video game bagi kita semua.

Penelitian tentang pro dan kontra dari video game sedang dilakukan oleh berbagai badan termasuk universitas di beberapa belahan dunia dan hasilnya adalah pro dan kontra dalam hal manfaat.

A note to our visitors

This website has updated its privacy policy in compliance with changes to European Union data protection law, for all members globally. We’ve also updated our Privacy Policy to give you more information about your rights and responsibilities with respect to your privacy and personal information. Please read this to review the updates about which cookies we use and what information we collect on our site. By continuing to use this site, you are agreeing to our updated privacy policy.